Mystical Living Qur’an: Resepsi Masyarakat Bismo Batang Terhadap Mushaf Al-Qur’an Kuno
Abstract
Keywords
References
Akbar, A. (2014). Manuskrip Al-Qur’an dari Sulawesi Barat Kajian Beberapa Aspek Kodikologi. Suhuf, 7 (1), 101-123.
al-Dzahabi, M. H. (1976). Al-Tafsīr Wa al-Mufassirūn. Kairo: Maktabah Wahbah.
Al-Farūqi, I. R. (1981). Huqūq Ghaīr al-Muslimīn fī al-Dawlah al-Islāmiyyah: Al-Awjūh al-Ijtimā’iyyah wa al-S|aqafiyyah. Al-Muslim al-Mu’āsir, 264.
Ali, Y. (2012). Sufisme dan Pluralisme. Jakarta: Gramedia
al-Kalbiy, A. a.-M.-S. (1995). Kitāb al-Ashnām. Kairo, Mesir: Dār Kutub al-Mishriyyah.
al-Shalih, S. (1977). Mabahits fi ‘Ulum al-Qur`an. Beirut: Dar al-‘Ilm Li al-Malayin.
al-Shiddiqi, H. (1967). Ilmu-ilmu al-Qur`an. Jakarta: Bulan Bintang.al-Zarqāni, M. A.-‘. (1995). Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur`an. Beirut: Dar al-Kitab al-‘Izza.
Aminah, A. N. (2018, 10 04). Alquran Digital Mudahkan Umat Islam Akses Alquran. Retrieved 04 08, 2019, from khazanah.republika.co.id: https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/pg2hfw384/alquran-digital-mudahkan-umat-islam-akses-alquran
Asrianti, S. (2016, 01 04). Hikayat Air di Tanah Bismo. Retrieved 09 02, 2019, from: https://www.republika.co.id/berita/koran/teraju/16/01/04/o0ezc850-hikayat-air-di-tanah-bismo
Bondarev, D. (2006). The Language of the Glosses in the Bornu Quranic Manuscript. Bulletin of the School of Oriental and African Studies, 69 (1), 113 - 140.
Donna, A. (2015, 12 06). Merawat Air Suci Peninggalan Sang Wali. Retrieved 08 07, 2019, from https://www.suara.com: https://www.suara.com/lifestyle/2015/12/06/171109/merawat-air-suci-peninggalan-sang-wali
Faizin, H. (2012a). Al-Qur’an Sebagai Fenomena Yang Hidup (Kajian Atas Pemikiran Para Sarjana Al-Qur’an). International Seminar And Qur’anic Conference II (pp. 1-14). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Faizin, H. (2012b). Sejarah pencetakan al-Qur’an. Yogyakarta: Era Baru Pressindo.
Gusmian, I. (2004). Al-Qur’an dalam Pergumulan Muslim Indonesia. Jurnal Taswirul Afkar, 18, 7-37.
Geertz, C. (1964). The Religion of Java. London: Free Press of Glecoe.
Hasan, H. I. (1996). Tārīkh al-Islām - al-Siyāsi wa al-Dīniy wa al-ṣaqafi wa al-Ijtimā’i. Beirut: Dār al-Jīl.
Jalal, A. (1990). Urgensi Tafsir Maudhu’i Pada Masa Kini. Jakarta: Kalam Mulia
Jaya, P. H. (2012). Dinamika Pola Pikir Orang Jawa di Tengah Arus Modernisasi. Humaniora, 24 (2), 133-140.
Kas}īr, I. b. (2000). Tafsīr al-Qur’ān al-ˋAẓīm. Beirut: Dār Ibnu Hazm.
Luthfiani, I. (2018, 09 08). Mitos Al-Qur’an Kuno Bismo. (Heriyanto, Interviewer)
Mukholik, A. (2017). The Variation of The Quran Reception 21st Century in Central Java Indonesia. International E-Journal of Advances in Social Sciences, 3(7), 268-275.
Musadad, A. N. (2017). Al-Qur’an Dalam Okultisme Nusantara (Studi Atas Transformasi Ayat Al-Qur’an Dalam Mantera-Mantera Lokal). RELIGIA, 20(1), 1-18.
Mustaghfiroh, H., & Mustaqim, M. (2014). Analisis Spiritualitas Para Pencari Berkah (Studi Atas Motivasi Penziarah di Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak). Jurnal Penelitian, 8 (1), 144-160.
Mustopa. (2014). Keragaman Qiraat dalam Mushaf Kuno Nusantara (Studi Mushaf Kuno Sultan Ternate). Suhuf, 7 (2), 179-198.
Nasir, M. I. (2019). Mistisisme Islam Modern. Jurnal Diskursus Islam, 7 (1), 93-116.
Nasution, H. (2008). Falsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Rohmana, J. A. (2018). Empat Manuskrip Alquran di Subang Jawa Barat (Studi Kodikologi Manuskrip Alquran). Wawasan - Jurnal Ilmiah Agama dan Budaya, 3 (1), 1-16.
Saefullah, A. (2008). Aspek Rasm, Tanda Baca, dan Kaligrafi pada Mushaf-mushaf Kuno Koleksi Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal, Jakarta. Suhuf, 1 (1), 87-100.
Salamah, K., & Schick, R. (2001). The Qur’an Manuscripts in the Al-Haram Al-Sharif Islamic Museum, Jerusalem. France: Garnet Publishing.
Setiawan, M. N. K. (2008). Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: Elsaq Press.
Soehadha, M. (2013). Komodifikasi Asketisme Islam Jawa: Ekspansi Pasar Pariwisata dan Prostitusi di Balik Tradisi Ziarah di Gunung Kemukus. Harmoni, 12 (1), 101-115.
Sugi. (2019, 08 21). Makam Wali di Desa Bismo. (Heriyanto, Interviewer)
Sumbulah, U. (2012). Islam Jawa dan Akulturasi Budaya: Karakteristik, Variasi dan Ketaatan Ekspresif. El Harokah, 14 (1), 51-66.
Surono, N. (2019, 08 12). Profil Desa Bismo. (Heriyanto, Interviewer)
Syamsuddin, S. (2007). “Ranah-ranahPenelitiandalamStudi al-Qur’an dan Hadis”, dalamMetodologiPenelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: Teras.
Syarif. (2019, 08 21). Peziarah Makam Bismo. (Heriyanto, Interviewer)
Syatri, J. (2014). Mushaf Al-Qur’an Kuno di Museum Institut PTIQ Jakarta - Kajian Beberapa Aspek Kodikologi terhadap Empat Naskah. Suhuf, 7 (2), 221-247.
Turyono. (2019, 09 02). Istikhoroh Dengan Al-Qur’an di Komplek Makam. (Heriyanto, Interviewer)
Whelan, E. (1990). Writing the Word of God: Some Early Qurʾān Manuscripts and Their Milieux, Part I. Ars Orientalis, 20, 113-147
DOI: 10.32495/nun.v6i2.155
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.