Paradigma Qira>’atul Qur’a>n bis Si>rah wa Qira>’atus Si>rah bil Qur’a>n dalam Membaca Fenomena

Authors

  • Mohamad Yahya IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32495/nun.v6i2.156

Keywords:

Nuzululquran, QS-SQ, Ramadan, Lailatulkadar, LailahMub?rakah.

Abstract

Arikel ini mengelaborasi tentang fenomena Nuzululquran, baik dalam perdebatan para pegiat studi Al-Qur’an maupun dalam realitas kehidupan masyarakat.Topik ini dianggap penting sebab diskusi tentang Nuzululquran dalam khazanah keislaman bukan sekedar tafsir, tetapi justru pertarungan ideologis.Masalah yang hendak dijawab ada dua.Pertama,bagaimana Al-Qur’an membicarakan dirinya sendiri terkait dengan penanggalan penurunannya, bagaimana tafsir terhadap penanggalan yang diinformasikan oleh diri Al-Qur’an tersebut, dan surat apa saja yang dianggap pertama kali diturunkan. Kedua, mengapa terjadi friksi terkait peringatan Nuzululquran, padahal Al-Qur’an merupakan kitab suci.Dalam menjawab dua masalah tersebut, penulis menggunakan paradigma qirā’atul Qur’ān bis sīrah wa qirā’atus sīrah bil Qur’ān. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, terdapat dua temuan.Pertama, Al-Qur’an membicarakan tentang penurunannya sendiri dengan menyitir tiga kata kunci dan para mufasir kemudian mengaitkannya bahwa penurunan Al-Qur’an terjadi di bulan Ramadan, di mana saat itu disebut dengan lailatulkadar yang dipenuhi dengan keberkahan (mubarakah), dan informasi tentang penggalan Al-Qur’an yang diturunkankalipertama menunjukkan data yang berbeda, namun demikian informasi yang paling populer berdasarkan riwayat dari ‘Āisyah ra tentang Q.S. al-‘Alaq, 96:1-5.Kedua, perdebatan seputar peringatan Nuzululquran antarkelompok masyarakat memiliki kecenderungan ideologis.Nuzululquran bukan hanyapersoalan agama (baca: syariah), tetapi jugasosial, budaya, dan ekonomi

References

Ad-Dimyāt}ī, Muh}ammad Syat}ā.t.th. I’ānah at}-T{ālibīn. Surabaya: al-Hidāyah.

Al-Andalūsī, AbūH{ayyān. 1993. Al-Bah}r al-Muh}īt}. Beirut: Dār al-Kutub al-ʻIlmiyyah.

Al-Bājūrī, Ibrāhīm. 1999. H}āsyiyah asy-Syaikh Ibrāhīm al-Bājūrī. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Bukhārī, Abū ‘Abdillāh Muh}ammad bin Ismā’īl.1403. Al-Jāmi’ as}- S}ah}īh}.Kairo: al-Mat}ba’ah as-Salafiyyah wa Maktabatuhā.

Al-Jābirī, M. ʻAbed. 1993. Nah}nu wa at-Turāṡ: Qirā’ah Muʻās}irah fī Turās}inā al-Falsafī. Beirut: al-Markaz aṡ-Ṡaqafī al-ʻArabī.

____. 2006. Madkhal ilā al-Qur’ān al-Karīm: Al-Juz’ al-Awwal fī Taʻrīf bi al-Qur’ān. Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wih}dah al-‘Arabiyyah.

____. 2008.Fahm al-Qur’ān al-H{akīm: At-Tafsīr al-Wād}ih}h}asba Tartīb al-Nuzūl, al-Qism al-Awwal. Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wih}dah al-‘Arabiyyah.

____. 2008.Fahm al-Qur’ān al-H{akīm: At-Tafsīr al-Wād}ih}h}asba Tartīb al-Nuzūl, al-Qism al-Tsani. Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wih}dah al-‘Arabiyyah.

____. 2009. Fahm al-Qur’ān al-H}akīm: At-Tafsīr al-Wād}ih}h}asba Tartīb al-Nuzūl, al-Qism al-Tsalits. Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wih}dah al-‘Arabiyyah.

Al-Qurt}ubī, Abū Bakr.2006. Al-Jāmi’ li Ah}kām al-Qur’ān.Beirut: Muasasah al-Risālah.

Amal, Taufik Adnan.2011. Rekonstruksi Sejarah al-Quran.Jakarta: Yayasan Abad Demokrasi.

An-Nadīm, Abū al-Faraj Muh}ammad bin Ish}āq. t.th. Al-Fihriṡ li Ibn an-Nadīm.Dār al-Ah}qāf al-Jadīdah.

An-Naisabūrī, Abū al-H{asan al-Wāh}idī. 1988. Asbāb an-Nuzūl. Beirut: Dār Ibn Kaṡīr.

An-Naisabūrī, Abū al-H{usain Muslim.t.th. Al-Jāmi’ as}-S}ah}īh}. Ttp.: tp.

An-Nawāwī, Abū Zakariyā. 2000. Al-Majmū’: Syarh} al-Muhażżab. Beirut: Dār al-Fikr.

Ar-Rāzī, Fakhr al-Dīn.1981.Mafātīh} al-Gaib.Beirut: Dār al-Fikr.

As-Suyūt}ī, Jalāluddīn. 2002. Lubāb an-Nuqūl fi Asbāb an-Nuzūl. Beirut: Muassasah al-Kutub as}-S}aqafiyyah.

____. 2012. Al-Itqān fī‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Asy-Syāt}ibī, Abū Ish}āq. 2004. Al-Muwāfaqāt fī Us}ūl asy-Syarī’ah. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

At}-T}abarī, Abū Jaʻfar Muh}ammad bin Jarīr. 2001. Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīl al-Qur’ān. Kairo: Markaz al-Buh}ṡwa ad-Dirāsāt al-‘Arabiyyah wa al-Islāmiyyah.

Bik, Muh}ammad al-Khud}arī.t.th. Tārīkh at-Tasyrī’ al-Islāmī. Surabaya: al-Hidāyah.

Shihab, M. Quraish. 2007. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasial al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

____. 2018. Membaca Sirah Nabi Muhammad: Dalam Sorotan Al-Quran dan Hadis-Hadis Shahih. Tangerang: Lentera Hati.

Media Daring:“Ceramah Singkat Aris Munandar tentang Peringatan Nuzululquran” diakses pada tanggal 20 Mei 2020,https://kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Aris%20Munandar/Ceramah%20Singkat/Peringatan%20Nuzulul%20Qur%27an

Huda, A. Nuril dan Arwani Faisal. “Mengapa Nuzululquran diperingati 17 Ramadan?”, diakses pada tanggal 20 Mei 2020, https://islam.nu.or.id/post/read/46215/mengapa-nuzulul-quran-diperingati-17-ramadhan

Downloads

Published

30-12-2020

How to Cite

Yahya, M. (2020). Paradigma Qira>’atul Qur’a>n bis Si>rah wa Qira>’atus Si>rah bil Qur’a>n dalam Membaca Fenomena. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 6(2), 27–57. https://doi.org/10.32495/nun.v6i2.156

Issue

Section

Articles