Polemik Alquran Berwajah Puisi: Tinjauan Terhadap Alquran Karim Bacaan Mulia Karya H. B. Jassin

Authors

  • Fatikhatul Faizah Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran

DOI:

https://doi.org/10.32495/nun.v3i2.46

Abstract

Keberagaman karya tafsir tidak akan pernah lepas dari metode dan pendekatan yang digunakan sang mufasir. Metode dan pendekatan yang digunakan, menjadikan masing-masing karya penafsiran maupun terjemahan memiliki ciri khas. Salah satunya adalah Alquran berwajah puisi karya H. B. Jassin yang merupakan literatur terjemahan karya umat Muslim Indonesia yang terbit pada tahun 1977. Terjemahan Alquranpuitis yang dikarang oleh H.B. Jassin ini menuai berbagai kontroversi. Sebagian pembaca menilai bahwa terjemaha AlquranH.B. Jassin lebih tepat dari pada terjemah yang disusun oleh Kemenag, adapun sebagian lainnya menilai bahwa Jassin tidak sepantasnya menerjemahkan Alqurandengan melangkahi terjemahan AlquranKemenag, yang dinilai sebagai standar terjemahan di Indonesia, sebab dari sisi intelektual H.B. Jassin tidak memiliki perangkat-perangkat keilmuan yang memadai untuk menerjemahkan Alquran. Tulisan ini akan mencoba mendiskusikan lebih dalam mengenai polemik-polemik yang terjadi seputar terbitnya karya “AlquranKarim Bacaan Mulia” karangan H. B. Jassin.

References

Bakry, Oemar, Polemik H. Oemar Bakry dengan H. B. Jassin tentang Alquranul Karim Bacaan Mulia, Jakarta: Mutiara, 1979.

Departement Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, Jakarta: CV. Darus Sunah, 2011.

Federspiel, Howard M., Kajian Alquran di Indonesia dari Mahmud Yunus hingga Quraish Shihab, terj. Tajul Arifin, Bandung: Mizan, 1996.

Gusmian, Islah, “Kontroversi Alquran Berwajah Puisi Karya H. B. Jassin: Studi tentang Cara Penulisan dan Layout Mushaf Alquran”, Jurnal Istiqro’, Vol. 05, No. 01, 2006.

_______________, Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika hingga Ideologi, Yogyakarta: LKis, 2013.

Ibrahim, Sulaiman, “Telaah The Holy Quran Karya Abdullah Yusuf Ali”, Jurnal Hunafa, Vol. 7, No.1, April 2010.

Jassin, H. B. (ed.), Kontroversi Alquran Berwajah Puisi H. B. Jassin Penyusun, Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1995.

______________, Alquranul Karim Bacaan Mulia, Jakarta: Djambatan, 1991.

Lubis, Ismail, Falsifikasi Terjemahan Alquran Departemen Agama Edisi 1990, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001.

Nasrulloh, “Tinjauan terhadap Terjemahan Alquran Al-Karim Bacaan Mulia Karya H. B. Jassin: Analisa terhadap Terjemahan Karya H. B. Jassin pada Surat Ar-Rahman dan Perbandingannya dengan Terjemahan Departement Agama Republik Indonesia”. Skripsi di UIN Syarif Hidayatullah, 2013.

Setiawan, M. Nur Kholis, Alquran Kitab Sastra Terbesar, Yogyakarta: elSaQ Press, 2006.

Zuhri, M. Nurdin, Pasaraya Tafsir Indonesia: dari Kontestasi Metodologi hingga Kontekstualisasi, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2014.

Downloads

Published

13-06-2019

How to Cite

Faizah, F. (2019). Polemik Alquran Berwajah Puisi: Tinjauan Terhadap Alquran Karim Bacaan Mulia Karya H. B. Jassin. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 3(2), 81–99. https://doi.org/10.32495/nun.v3i2.46

Issue

Section

Articles