Menakar Hermeneutika Fusion of Horizons H.G. Gadamer dalam Pengembangan Tafsir Maqasid Alquran

Authors

  • Rahmatullah Rahmatullah Young Interfaith Peasmakar Community, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32495/nun.v3i2.47

Abstract

Gadamer merupakan salah satu tokoh hermeneutika yang cukup populer dengan gagasannya fusion of horizons. Tawaran tersebut menjadi salah satu tawaran alternatif untuk memahami teks secara proporsional dan dapat diaplikasikan untuk memahami setiap teks termasuk teks kitab suci. Tulisan sederhana ini mencoba memahami gagasan fusion of horizons dan hubungannya dengan penafsiran Alquran. Melalui pembacaan hermeneutika Gadamer, sikap terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif adalah pertama, kemauan terbuka untuk menerima gagasan dan wawasan baru. Hal ini penting untuk memperluas cakrawala seseorang sehingga ia dapat menjangkau hal-hal yang lebih luas lagi. Kedua, menghasilkan pemahaman baru atau memproduksi sesuatu yang baru. Meski demikian, perlu digarisbawahi bahwa kebaruan gagasan tidak dapat diperoleh tanpa memahami sejarah masa lampau. Ketiga, pemahaman yang efektif bukanlah pemahaman yang berdiri sendiri, justru pemahaman yang valid adalah pemahaman yang bersumber dan ditopang dari horizon-horizon yang beragam. Semakin luas horizon, semakin luas pula pemahamannya. Keempat, semangat fusion of horizon dapat dikembangkan dalam konteks memahami Alquran dengan menggunakan tafsir maqasid Alquran, sehingga nilai-nilai Alquran dapat selaras dengan waktu dan tempat, shalih li kulli zaman wa makan.

References

Arif, Syamsuddin. Orientalis & Diabolisme Pemikiran. Jakarta: Gema Insani, 2008.

Auda, Jasser. Maqasid al-Shari’ah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach. London: The International Institute of Islamic Thought, 2007.

_____. Membumikan Hukum Islam melalui Maqasid Syariah. terj. Rosidin dan Ali Abd el-Mun’im. Bandung: Mizan, 2015.

Badruzaman, Abad. Dialektika Langit dan Bumi. Bandung: Mizan, 2018.

Darmaji, Agus. “Dasar-dasar Ontologis Pemahaman Hermeneutik Hans Georg Gadamer”. Refleksi. Volume 13, Nomor 4, 2013.

Faiz, Fahruddin. Hermeneutika Alquran: Tema-tema Kontroversial. Yogyakarta: Kalimedia, 2015.

Gadamer, Hans-Georg. Truth and Method. Terj. Joel Weinsheimer dan Donald G. Marshall. London: Continuum, 2004.

_____. Philosophical Hermeneutics. Terj. David E. Linge. London: University of California Press, 2008.

Gusmao, Martinho G. Da Silva. Hans-Georg Gadamer: Penggagas Filsafat Hermeneutik Modern yang Mengagungkan Tradisi. Yogyakarta: Kanisius, 2012.

Hardiman, F. Budi. Seni Memahami: Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. Yogyakarta: Kanisius, 2015.

_____. Melampaui Positivisme dan Modernitas: Diskursus Filosofis tentang Metode Ilmiah dan Problem Modernitas. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Hasanah, Hasyim. “Hermeneutik Ontologis-Dialektis Hans-Georg Gadamer”. At-Taqaddum. Volume 9, Nomor 1, 2017.

Hidayat, Komaruddin. Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Paramadina, 1996.

Kuliah Umum disampaikan oleh Jasser Auda, di Teatrikal Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tanggal 13 Maret 2017.

Muslih, Mohammad. Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Belukar, 2005.

Palmer, Richard E. Hermeneutika Teori Baru Mengenai Interpretasi. Terj. Musnur Hery dan Damanhuri Muhammed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Al-Qaradhawi, Yusuf. Faktor-faktor Pengubah Fatwa. terj. Arif Munandar Riswanto. Jakarta: Al-Kautsar, 2009.

Rahmatullah, “Kebebasan Beragama dalam Alquran Perspektif Maqasid al-Syari’ah Jasser Auda”, Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2017.

Saeed, Abdullah. Interpreting the Qur`an: Towards a Contemporary Approach. London: Routledge, 2006.

Salim, Fahmi. Kritik terhadap Studi Alquran Kaum Liberal. Jakarta: Perspektif, 2010.

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-ayat Alquran. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

Sumaryono, E. Hermeneutik Sebuah Metode Filsafat: Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius, 1999.

Suryadi. Metode Kontemporer Memahami Hadis Nabi: Perspektif Muhammad al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradhawi. Yogyakarta: Teras, 2008.

Al-Suyuthi, Jalal al-Din. Al-Itqan fi ‘Ulum Alquran. Beirut: Risalah Publisher, 2008.

Syamsuddin, Sahiron. Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur`an: Edisi Revisi dan Perluasan. Yogyakarta: Nawasea Press, 2017.

Downloads

Published

13-06-2019

How to Cite

Rahmatullah, R. (2019). Menakar Hermeneutika Fusion of Horizons H.G. Gadamer dalam Pengembangan Tafsir Maqasid Alquran. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 3(2), 149–168. https://doi.org/10.32495/nun.v3i2.47

Issue

Section

Articles