Resepsi Terhadap Alquran Dalam Riwayat Hadis

Authors

  • Nilna Fadlillah Pon Pes Aji Mahasiswa Al Muhsin, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32495/nun.v3i2.48

Abstract

Pembacaan Alquran yang dilakukan oleh umat Islam tidak hanya bertujuan untuk beribadah atau kepentingan akhirat semata, akan tetapi juga memiliki kepentingan lain. Di satu sisi terdapat pembacaan yang bersifat formal-subtantif yaitu pembacaan yang dilakukan dalam konteks ibadah yang lebih berorientasi pada keuntungan atau pahala akhirat. Di sisi lain, pembacaan Alquran juga dilakukan secara fungsional yang orientasi keuntungannya lebih bersifat duniawi. Fenomena pembacaan Alquran dalam berbagai bentuknya ini masuk dalam salah satu bidang kajian living Qur’an atau resepsi Alquran. Dalam tulisan ini, peneliti akan berusaha melihat beragam resepsi dalam Alquran dengan menjadikan hadis sebagai objek formal penelitian. Dengan memetakan riwayat-riwayat tentang resepsi Alquran yang dilakukan oleh generasi awal Islam yang terekam dalam riwayat hadis, selanjutnya tulisan ini juga akan melihat proses transmisi dan tranformasi riwayat hadis sehingga sampai saat ini resepsi Alqurantetap eksis dan variatif.

References

Abd. Mubarak. Tradisi Yasinan dalam Masyarakat Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2008.

al-Ḍurais. Faḍāil al-Qur’ān wa mā Unzila min al-Qur’ān bi Makkah wa mā Unzila bi al-Madīnah. Beirut: Dār al-Fikr, 1987.

al-Firyābi. Faḍāil al-Qur’ān wa mā Jā’a fīhi min al-Faḍli wa fī Kam Yuqra’ wa al-Sunnah fi żālika. Riyāḍ: Maktabah al-Rusyd, 1989.

al-Nasā’i. Faḍāil al-Qur’ān. Beirut: Dār Iḥyā’ al-‘Ulūm, 1996.

Al-Nawawi. al-Ażkār. Beirut: Dār al-Fikr, 1994.

Al-Qurthubi. The Secret of Qur’an, terj. Muhammad Syafi’i Masykur. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2013.

CD Software al-Marja’ al-Akbar li Turāṡ al-Islāmi, Vers. 3.0

CD Software Mausū’ah al-Hadīṡ al-Syarīf.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. “Sublimitas Islam di Indonesia” dalam Abdul Karim, Islam Nusantara. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.

Mattson, Ingrid. Ulumul Qur’an Zaman Kita. Jakarta: Zaman, 2013.

Putra, Heddy Shri Ahimsa. “The Living Qur’an: Beberapa Perspektif Antropologis” dalam Jurnal Walisongo, Vol. 20, No. 1, 2012, hlm. 235260-.

Rafiq, Ahmad. “Faḍāil al-Qur’ān” dalam Abdul Mustaqim, dkk, Melihat Kembali Studi Alquran: Gagasan, Isu, dan Tren Terkini. Yogyakarta: Idea Press, 2015.

Rafiq, Ahmad. “Sejarah Alquran: Dari Pewahyuan ke Resepsi (Sebuah Pencarian Awal Metodologis)” dalam Sahiron Syamsudin (ed.), Islam, Tradisi dan Peradaban. Yogyakarta: Suka Press, 2012.

Rafiq, Ahmad. The Reception of the Qur’an in Indonesia: A Case Study o the Place of the Qur’an in a Non-Arabic Speaking Comuunity, A Disertation of The Temple University Graduate Board, Philadelphia, 2014.

S.H. Nasr. Islam dalam Cita dan Fakta. Jakarta: LAPPENAS, 1981.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, 2007.

Downloads

Published

13-06-2019

How to Cite

Fadlillah, N. (2019). Resepsi Terhadap Alquran Dalam Riwayat Hadis. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 3(2), 101–128. https://doi.org/10.32495/nun.v3i2.48

Issue

Section

Articles