Hermeneutika Pesantren: Eksplorasi atas Pandangan Kyai Pesantren Terhadap Hermeneutika Sebagai Manhaj Tafsir
Abstract
Keywords
References
Abdullah, M. Amin. “Pengantar” dalam Abdul Mustaqim, Aliran-Aliran Tafsir, Madzahibut Tafsir dari Periode Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2005.
Asmani, Jamal Ma’mur. Fiqh Sosial Kyai Sahal Mahfudh, Antara Konsep Dan Implementasi. Surabaya: Khalista, tt.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam, Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos, 1999.
Baidan, Nashruddin, Wawasan Baru Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat, Tradisi Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1995.
Direktorat Pendidikan Diniyyah Dan Pondok Pesantren, Dirjen Pendidikan Islam Depag RI, Pedoman Pondok Pesantren Salafiyah, 2009.
Mahfudz, Sahal, “Islam Dan Hak Reproduksi Perempuan: Perspektif Fiqih” dalam Syafiq Hasyim (Ed.), Menakar “Harga” Perempuan, Eksplorasi Lanjut Atas Hak-Hak Reproduksi Perempuan Dalam Islam. Bandung: Mizan, 1999.
Mahfudz, Sahal. Kontekstualisasi Alquran Dalam Era Tinggal Landas, Makalah disampaikan dalam seminar di Yogyakarta pada 02 Februari 1992.
Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LkiS, 2010.
Palmer, Richard E. Hermeneutika, Teori Baru Mengenal Interpretasi, terj. Musnur Hery dan Damanhuri Muhammad. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Qomar, Mujamil, Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, tth.
Shihab, M. Quraish. “Tafsir, Takwil, Dan Hermeneutika: Suatu Paradigma Baru Pemahaman Alquran”, dalam Jurnal SUHUF, No. I, vol. 2 (2009)
Syamsuddin, Sahiron. Hermeneutika Dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2009.
Umar, Nasaruddin, “Menimbang Hermeneutika Sebagai Manhaj Tafsir” dalam Jurnal Studi Alquran, vol. 1., no. 1., (2006)
Zarkasyi, Badr al-Dīn al-. Al-Burhān fī ‘Ulūm al-Qurʿān. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2007.
DOI: 10.32495/nun.v2i2.58
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.